Kalimat “Hello world!” Sudah Ada Sejak 1974

Kalimat “Hello world” benar2 terkenal, biasa digunakan untuk memberitahu bahwa sistem sudah berjalan. Kalau kita belajar pemrograman, biasanya urutannya dimulai dari yang paling mudah sampai ke fitur2 advance-nya:

  1. bagaimana cara menulis output (biasanya ke layar monitor)
  2. bagaimana menangkap input dari user
  3. bagaimana menyusun percabangan IF
  4. bagaimana menyusun iterasi loop

Setelah menguasai 4 tahapan tersebut, baru mulai mencoba membuat program yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah. Biasanya yang paling sederhana adalah kalkulator.

Sedikit berbeda dengan pemrograman, kalau di Apache web server, kalimat yang digunakan untuk memberitahu sistem sudah berjalan adalah “It works!” dalam format plain HTML.

Ingin belajar instalasi Apache untuk web server? dokumen singkatnya bisa diunduh di sini: Web Server di FreeBSD | kn-OWL-edge (nyomankarna.id)

Ingin tau bahasa pemrograman C dan Pascal? dokumen singkatnya bisa diunduh di sini: Programming Sector | kn-OWL-edge (nyomankarna.id)

Bosen belajar? Ingin tau tentang efektif tidaknya belajar online? hasil survey bisa diunduh di sini: Hasil Survey setelah 1 Bulan Perkuliahan Daring – A blog by Aden Firdaus (itenas.ac.id)

Leave a Reply